Kamis, 28 April 2011

INTRANET

        Intranet merupakan jaringan sistem informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. teknologi dan konsep internet seperti client server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.

1.  Pengertian Intranet

      Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

     Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita sedang membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan apakah itu IP address, nomor port dll. Jika firewall di aktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.

2.  Keuntungan Penggunaan Intranet

Keuntungan digunakannya Intranet dalam suatu organisasi/perusahaan adalah sebagai berikut :

a.  Produktivitas kerja
     Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang diperlukan.
b.  Efisiensi Waktu
     Dengan Intranet, organisasi/perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap kepada para anggota/karyawan di mana anggota/karyawan dapat mengakses informasi yang sesuai untuk mereka sekaligus. Hal ini lebih efektif daripada memberikan informasi melalui email kepada setiap anggota/karyawan.
c.  Komunikasi
     Intranet memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif didalam sebuah organisasi, baik secara vertikal (bawahan - atasan) maupun horizontal (antar anggota/karyawan). Dengan komunikasi melalui intranet tersebut, para staf akan selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.
d.  Sistem publikasi Web
     Kemudahan akses data memungkinkan data-data organisasi/perusahaan diakses secara mudah, misalnya pedoman anggota/karyawan, dan data keuntungan, kebijakan organisasi/perusahaan, data pelatihan. Berkas-berkas tersebut dapat diakses menggunakan aplikasi internet standar, seperti Adobe Acrobat dan Flash.
e.  Efektivitas Biaya
     Pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser tidak perlu membaca data fisik seperti buku manual, daftar telepon, dan daftar permintaan.
f.   Keseragaman Informasi
     Intranet menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua pengguna melihat informasi yang sama di intranet.
g.  Meningkatkan Kerjasama
     Dengan informasi yang mudah diakses oleh semua pengguna resmi (internal), kualitas kerja tim (team work) akan meningkat.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar